“BERI CINTA” Bersih, Hijau, Berciri dan Ber-estetika, sehingga tercipta masyarakat Kota Siantar Mantap, Maju dan Jaya.
Visi : "TERWUJUDNYA MASYARAKAT KOTA PEMATANGSIANTAR YANG BERBUDAYA, SEHAT,SOPAN DAN RAMAH"

Selasa, 01 Maret 2016

Destinasi Pariwisata Kota Pematangsiantar
I.         Sejarah singkat kota pematangsiantar
Kota Pematangsiantar (lebih populer disebut dengan Siantar) merupakankota terbesar kedua di provinsi Sumatra Utara. Kota ini pernah menjadi Ibukota Provinsi dan uang Republik Indonesian pernah dicetak di kota ini. Salah satu putra terbaik Pematangsiantar  H.Adam Malik Batubara atau yang lebih dikenal dengan H.Adam Malik, pernah menjadi wakil Presiden RI ke-3 (masa jabatan  1977 s/d 1978).
Kota Pematangsiantar  memiliki luas wilayah 79,97 km2yang terdiri dari Kecamatan Siantar Marihat 7.825 km², Kecamatan Siantar Marimbun 18.006 km², Siantar Selatan 2.020 km², Siantar Barat 3.205 km², Siantar Utara 3.650 km², Siantar Timur 4.520 km², Siantar Martoba 18.022 km², Siantar Sitalasari 22. 723 km². dan berpenduduk sebanyak 247.411 jiwa  `(BPS :2015).Kota Pematangsiantar yang hanya berjarak 128 km dari Medan dan 50 km ke Danau Toba  (Parapat).
Kota Pematangsiantar terdiri dari 8 Kecamatan dan 53 kelurahan. Secara geografis Kota Pematangsiantar terletak diantara 3° 01’09’’- 2° 54’40’’ LU dan 99° 06’23’’- 99° 01’10’’ BT dan diapit oleh Kabupaten Simalungun dengan batas-batas sebagai berikut :
·          Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Bah Kapul dan Desa Sinaksak Kabupaten Simalungun
·          Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Marihat Baris, si Lampuyang dan Bah Sampuran Kabupaten Simalungun
·          Sebelah Timur          berbatasan dengan Desa Karang Sari, rambung Merah, dan marihat baris, Kabupaten Simalungun
·          Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Talun Kondot, Nagori Simpang Pane, dan Siborna, Kabupaten Simalungun
Topografi Kota Pematangsiantar berada di permukaan tanah datar hingga    bergelombang. Daerah bergelombang sampai berbukit di sebelah Utara dan Barat, sementara di daerah sebelahSelatan dan Timur merupakan daerah landai dengan kemiringan 0% - 15%. Kota Pematangsiantar terletak dalam wilayah Kabupaten Simalungun dengan ketinggian 400-500 m.

 


















Demografi
Kota Pematangsiantar terdiridari 8 Kecamatan dan 53 Kelurahan dengan type swasembada, yaitu:
         I.     Kec.Siantar Marihat terdiri dari 7 kelurahan : 1). Kel.Sukamaju, 2).Kel.Pardamean, 3).Kel.Suka raja, 4).Kel.BP Nauli, 5).Kel.Sukamakmur, 6).Kel.Parhorasan Nauli, 7).Kel.Mekar Nauli.
      II.     Kec.Siantar Marimbun terdiri dari 6 kelurahan : 1).kel.Simarimbun, 2).Kel.Nagahuta, 3).Kel.Pematang Marihat, 4).Kel.Tong Marimbun, 5).Kel.Nagahuta Timur, 6).Kel.marihat Jaya.
   III.     Kec.Siantar Selatan terdiri dari 6 kelurahan : 1).Kel.Aek Nauli, 2).Kel.Martimbang, 3).Kel.Kristen, 4).Kel.Toba, 5).Kel.Karo, 6).Kel.Simalungun
IV.            Kec.Siantar Barat terdiri dari 8 kelurahan : 1).Kel.Sipinggol-pinggol, 2).Kel.Teladan, 3).Kel.Dwikora, 4).Kel.Proklamasi, 5).Kel.Timbanggalung, 6).Kel.Simarito, 7).Kel.Banjar, 8).Kel.Bantan.
     V.     Kec.Siantar Utara terdiri dari 7 kelurahan : 1).Kel.Martoba, 2).Kel.Melayu, 3).Kel.Baru, 4).Kel.Sukadame, 5).Kel.Bane, 6).Sigulang-gulang, 7).Kel.Kahean
  VI.     Kec.Siantar Timur terdiri dari 7 kelurahan : 1).Kel.Kebun Sayur, 2).Kel.Tomuan, 3).kel.Pahlawan, 4).Kel.Siopat Suhu, 5).kel.Merdeka, 6).Kel.pardomuan, 7).Kel.Asuhan.
VII.     Kec.Siantar Martoba terdiri dari 7 kelurahan : 1).Kel.Sumber Jaya, 2).Kel.Nagapita, 3).Kel.Pondok Sayur, 4).Kel.Tambun Nabolon, 5).Kel.Naga Pitu, 6).Kel.Tanjung Pinggir, 7).Kel.Tanjung Tongah.
VIII.     Kec.Siantar Sitalasari terdiri dari 5 kelurahan : 1).Kel.Bahkapul, 2).Kel.Gurilla, 3).Kel.Bukit Shofa, 4).Kel.Setia Negara, 5).Kel.Bah Sorma.

Adapun beberapa Destinasi Pariwisata yang direkomendasikan sangat layak untuk dikunjungi bagi para wisatawan adalah sebagai berikut :


1.     Taman Hewan Pematangsiantar (THPS)



Taman Hewan Pematangsiantar  atau sebelumnya dikenal juga sebagai Kebun Binatang Siantar ada kebun binatang yang terletak  di kota Pematangsiantar, Kebun  binatang ini resmi dibuka untuk umum pada tanggal 27 November 1936 dengan luas area sekitar 4,5 hektare. THPS berlokasi di Jl.Kapt. MH. Sitorus No.10, Kota Pematangsiantar, Provinsi Sumatra Utara. Taman Hewan Pematangsiantar mengantongi izin berupa Surat Keputusan Menteri Kehutanan dengan Nomor. SK.84/Menhut-II/2007 yang dikeluarkan pada tanggal 15 Maret 2007.

Koleksi Satwa-satwa yang ada di THPS Pematangsiantar terdiri dari 721 ekor dan 161 spesies, beberapa diantaranya seperti pada gambar di bawah ini :






2.     Taman Bunga

Taman Bunga terletak  di Jalan Merdeka atau pusat kota Pematang Siantar, Taman Bunga selalu ramai dikunjungi wisatawan dan penduduk lokal untuk bersantai atau piknik."Biasanya kawasan ini paling ramai dikunjungi pada saat jam 13.00 dan pada saat hari libur dan akhir pekan. Kawasan ini paling banyak dikunjungi oleh para kaum muda-mudi sekedar untuk berkumpul maupun untuk menikmati suasana taman, ada juga yang hobi membaca dan menulis menghabiskan waktu di sini,"


Taman Bunga terletak  di Jalan Merdeka atau pusat kota Pematang Siantar, Taman Bunga selalu ramai dikunjungi wisatawan dan penduduk lokal untuk bersantai atau piknik."Biasanya kawasan ini paling ramai dikunjungi pada saat jam 13.00 dan pada saat hari libur dan akhir pekan. Kawasan ini paling banyak dikunjungi oleh para kaum muda-mudi sekedar untuk berkumpul maupun untuk menikmati suasana taman, ada juga yang hobi membaca dan menulis menghabiskan waktu di sini,"





















3.          Patung Dwi Kwan Im
Patung Dewi Kwan Im yang terdapat di Vihara Avalokitesvara, Jl. Pane Pematangsiantar.
Lokasinya yang berada di tengah kota, sangat mudah untuk dicapai.
Patung Dewi Kwan Im memiliki ketinggian 22,8 meter, dengan ketinggian tersebut, patung ini masih dapat terlihat jelas dari kejauhan.
Avalokitesvara berasal dari kata Aval, Lokite dan Svara.
Aval artinya mendengar, Lokite berarti dunia dan Svara berarti suara.
Avalokitesvara berarti mendengar suara dunia yang penuh dengan penderitaan.
Avalokitesvara juga sering disebut sebagai Dewi Welas Asih.






Picture-062





4.     Maha Vihara Vidya Maitreya

Terletak di Jl.Ade Irma Suryani, merupakan tempat ibadah/ sembahyang umat Buddha.

Photo taken at MAHA VIHARA VIDYA MAITREYA by M.Ushin L. on 2/11/2013











Photo taken at MAHA VIHARA VIDYA MAITREYA by Heri C. on 8/4/2013





Photo taken at MAHA VIHARA VIDYA MAITREYA by Lisa H. on 1/20/2013









5.     Siantar  Waterpark
Siantar Water Park terletak di  Jl. Rakutta Sembiring  No. 1  (Simpang Rami),  Kota PematangsiantarNorth Sumatra, Indonesia

Photo taken at Siantar WaterPark by Fransisca R. on 6/8/2013

Photo taken at Siantar WaterPark by Ruli K. on 5/3/2012
Photo taken at Siantar WaterPark by Wie X. on 2/2/2014
Photo taken at Siantar WaterPark by Fifi M. on 12/23/2012

wtp.jpg
























6.     Museum Simalungun

Museum Simalungun dibangun pada tanggal 10 April 1939 oleh Raja-Raja Simalungun. Tujuannya untuk menjaga benda-benda cagar budaya yang bernilai sejarah dan budaya agar tidak lenyap ditelan zaman.

Koleksi Museum Simalungun berjumlah 860 buah, yang terdiri dari koleksi peralatan hidup, koleksi gabah dan keramik, koleksi berbagai mata uang, koleksi arkeologi, koleksi kerajinan tangan. Ada juga koleksi naskah kuno yang menyimpan berbagai aspek ilmu pengetahuan seperti astrologi dan astronomi serta ramuan obat tradisional.











7.     Kolam Renang Detis Sari Indah

Kolam renang ini terletak di jalan Pematang, Pematangsiantar.Anda hanya perlu berhenti di Supermarket Suzuya lalu anda berjalan sedikit kebawah maka anda akan menemukan palang menuju Detis Sari Indah.Anda perlu berjalan sedikit kebawah hingga anda menemukan seperti gambar diatas. Dengan merogoh kocek Rp 8.000-, Anda sudah bisa menikmati berenang sepuasnya. Anda harus mengenakan pakaian khusus berenang, karena pihak Detis tidak mengijinkan anda berenang tanpa mengenakan pakaian renang. Detis Sari Indah memiliki 3 kolam.Kolam pertama kedalamannya <50 cm ,kolam kedua kedalamannya <120 cm, dan kolam ketiga ketiga kedalamannya 1 m hingga 2,5 m. Anda harus berhati-hati ketika di kolam ketiga, jangan sempat mencoba berenang ketika anda belum mahir karena kolam ketiga sangat dalam.





















8.     Kolam Renang Tirta Yudha



9.     Kolam Renang Tirta Yudha
Kolam ini diresmikan oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewijk F.Paulus melaksanakan pengguntingan pita dan penanda tanganan prasasti oleh Danrindam I/BB Kol. Inf Teguh Arif Ndratmoko dalam rangka meresmikan Kolam Renang Tirta Wira Yudha Rindam I/BB di jalan Sisingamangaraja P.Siantar, sabtu (23/3/2013).
Danrindam I/BB dalam sambutannya mengatakan, kolam renang Tirta Yudha Rindam I/BB mempunyai sejarah dimana pembangunannya dimulai pada tahun 1980 lalu dengan nama kolam renang Bah Sorma. Pada tahun 1999 kolam tersebut tidak beroperasi  lagi sehingga mengalami kerusakan yang cukup parah dan tidak dapat beroperasional. Situasi tersebut berjalan hingga kurun waktu 13 (tiga belas) tahun. Atas izin dan dorongan Pangdam I/BB serta donator, maka pada 29 November 2012 lalu dilaksanakan pembangunan kembali sehingga pada sabtu 23 Maret 2012 yakni dalam kurun waktu 4 (empat) bulan secara resmi kolam renang dapat dioperasional-kan. Kolam renang tersebut merupakan salah satu sarana fasilitas yang dapat memberikan satu kontribusi kepada Pemko P.Siantar dan Pemkab Simalungun dalam pembinaan atlit renang sekaligus masyarakat Siantar-Simalungun sehingga terbentuk suatu wadah prestasi renang yang bernaung pada Tirta Wira Yudha Club. Menurut saya dari segi prasarana kolam renang ini merupakan kolam renang terbaik di Pematangsiantar.Kolam ini memiliki 3 kolam. Kedalamannya hampir sama dengan Kolam Detis. Bedanya, Kolam untuk anak-anak memiliki beberapa permainan air yang mengasyikan. Tirta Yudha juga memiliki prasarana yang masih baik,tempat terbuka hijau yang sangat cocok untuk bersantai selepas lelah berenang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar